Notification

×

Tag Terpopuler

Korem 181/PVT Laksanakan Sosialisasi dan Monev Diklat Bela Negara

Kamis, 28 September 2023 | September 28, 2023 WIB Last Updated 2023-09-28T14:19:11Z

Sorong, PBD (28/9/23) | Danrem 181/PVT Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan S.Sos., M.Si., Menyambut Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia,S.E, Kabag Komdiklat Set Badiklat Kemhan Kolonel Sus Drs. Dendi Tuwindanterse, S.H, Msi, Kabag Um Set Badiklat Kemhan Kolonel Czi Widyo Hartanto, S,Sos .M,Han,  dalam rangka kegiatan Sosialisasi dan Monitoring Evaluasi Diklat Bela Negara di Korem 181/PVT, Rabu  (27/09/2023).

Kegiatan Sosialisasi dan Monitoring Evaluasi Bela Negara ini berlangsung di Ruang Makorem 181/PVT  di awali dari sambutan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan S.Sos., Menyampaikan “Kegiatan Sosialisasi dan Monitoring Evaluasi Diklat Belanegara Tahun 2023 ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai solusi jangka panjang menjaga keutuhan, kedaulatan dan keselamatan segenap bangsa, setiap negara membutuhkan fundamental ekonomi, budaya, dan pertahanan keamanan nasional yang kuat dan kokoh.Tanpa fundamental ketahanan nasional yang kuat, ancaman keamanan dan kenyamanan bangsa sangat rentan. Untuk itu solusinya adalah pembinaan kesadaran bela negara (PKBN)," tegas Danrem 181/PVT.

“Sikap bela negara itu sendiri merupakan kekuatan Negara Indonesia bagi proses pembangunan nasional menuju tujuan nasional dan merupakan kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan dengan sukses. Oleh karena itu, diperlukan suatu konsepsi ketahanan nasional yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia. Dengan adanya kesadaran akan bela negara, kita harus dapat   memiliki sikap dan perilaku yang sesuai kejuangan, cinta tanah air serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa," Tegasnya.

“Dalam kaitannya dengan pemuda penerus bangsa sangat penting ditanamkan sikap cinta tanah air sejak dini sehingga kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara lebih meyakini dan lebih dalam. Sumber daya manusia menjadi titik sentral potensi bangsa yang berperan melaksanakan pembangunan dan mengatasi segala bentuk ancaman, baik dari dalam ataupun dari luar negeri,"Ucapnya".

Dilanjutkan kata sambutan dari Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia,S.E. Dalam sambutan nya menyampaikan ”Program Bela Negara adalah agenda Nasional, di mana merupakan hak dan kewajiban setiap warga Negara Indonesia sebagai mana di atur dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3 “Setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara.” dan pada UU NO 23/2019,Pasal 5 (1a).” Pengunaan sumber daya manusia (PSDN) untuk pertahanan Negara di laksanakan melalui usaha Bela Negara,"Ucap Kapusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan.

“Karena Bela Negara bertujuan untuk membangun sikap dan perilaku setiap warga Negara untuk memiliki kesadaran cinta Tanah Air dan semangat Nasionalisme, maka kewajiban kita untuk menyiapkan generasi yang tangguh memiliki nilai-nilai dasar dalam pembinaan kesadaran Bela Negara dangan cinta tanah air sadar berbangsa dan sadar bernegara, Rela berkorban untuk Bangsa dan Negara Harapannya Sosialisasi dan Monitoring Evaluasi Bela Negara yang terselenggara di Korem 181/PVT dan umum nya di jajaran TNI dapat terlaksana dengan program dan kurikulum yang sama,"Ucapnya.

(Tim/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update