Notification

×

Tag Terpopuler

Kodim 1007/Banjarmasin Berkolaborasi Dengan Dinas Lingkungan Hidup Tangani Sampah dan Sungai Agar Tetap Asri

Senin, 25 September 2023 | September 25, 2023 WIB Last Updated 2023-09-25T11:50:14Z

BANJARMASIN | Tingkatkan pengelolaan sampah dan Sungai di wilayah Kota Banjarmasin agar tetap asri, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov Kalsel Berkolaborasi dengan Kodim 1007/ Banjarmasin. Kegiatan tersebut di tuangkan dalam acara Peningkatan Kapasitas Babinsa dalam pengelolaan lingkungan diwilayah sungai dan jalan protokol yang diinisiasi langsung oleh Kadis Lingkungan Hidup Prov Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, ST, MT diselenggarakan di Aula Makodim 1007/Banjarmasin Senin, (25/9/23).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kadis Lingkungan Hidup Prov Kalsel Hanifah Dwi Nirwana. S.T., M.T. beserta Staf, Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Arman Aris Sallo. S.IP., Kasdim 1007/ Banjarmasin Letkol Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, S.M., M.M. para Perwira Staf dan para Danramil, serta para Babinsa jajaran Kodim 1007/Banjarmasin.

Dalam Sambutannya Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Arman Aris Sallo. S.IP. mengatakan bahwa peran Kodim 1007/Banjarmasin Dalam Mengatasi Adanya krisis lingkungan hidup dengan melaksanakan Program Pembinaan Lingkungan Hidup yang dilaksanakan oleh jajaran Koramil sebagai wujud kepedulian dan keseriusan untuk ikut Bersama - Sama pemerintah berperan aktif dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia.

Kota Banjarmasin dengan Tipologi daerah aliran sungai (DAS), rawa-rawa, perkotaan dan perindustrian melaksanakan kegiatan pembinaan lingkungan hidup dengan normalisasi sungai, pengelolaan taman hutan kota, pengelolaan limbah rumah tangga atau industri, pengelolaan daerah kumuh perkotaan dan pengelolaan sampah.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu program pemerintah dalam mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran di wilayah dengan harapan tercapai sasaran, seperti terjaganya keserasian dan keseimbangan antara fungsi lingkungan dan pemanfaatannya, terjaganya sumber daya alam (SDA), daerah aliran sungai (DAS) dan sumber-sumber kehidupan lainnya, Terkendala pemanfaatan sumber daya secara bijaksana serta terkendalinya polusi/pencemaran udara dan air.

Sementara Kadis Lingkungan Hidup Prov Kalsel Hanifah Dwi Nirwana. S.T., M.T. dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada Komandan Kodim 1007/Banjarmasin yang telah bersedia memenuhi permohonan kami untuk memfasilitasi serta menjadi Narasumber untuk kegiatan ini, Saat ini pemerintah provinsi Kalimantan Selatan telah menginisiasi 2 (dua) program yaitu Program Sungai Martapura Asri dan Program Merdeka Sampah Jalan Protokol.

Perlu disadari pengelolaan sampah di TPA sangat berat karena masyarakat yang belum memahami tentang pemilahan sampah apalagi memahami sampah dapat Bernilai Ekonomi. 

Budaya masyarakat yang masih sulit diubah karena sampai sekarang masih banyak masyarakat membuang sampah tidak pada tempat dan waktunya.

Disinilah kami mengharapkan para Babinsa sebagai pihak yang bekerja di level tapak dan berada dekat dengan masyarakat, dapat memberikan contoh, mengajak dan menegur/memberi peringatan sehingga dapat mendorong pengelolaan sampah di level tapak menjadi lebih baik, oleh karena itulah kami mengadakan peningkatan kapasitas para Babinsa melalui kegiatan ini.

Mengakhiri sambutanya, Kadis Lingkungan Hidup Prov Kalsel Hanifah Dwi Nirwana. S.T., M.T. Mengucap _Bismillahirrohmanirrohiim_ , Selamat melaksanakan kegiatan. "Semoga yang kita kerjakan dapat bermanfaat untuk keberlanjutan fungsi sungai dan demi perbaikan kualitas lingkungan hidup di kota Banjarmasin," tutupnya.

Pendim 1007/Bjm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update