Notification

×

Tag Terpopuler

Gelar Aksi “Polri Peduli Lingkungan” Polres Pasaman Barat Bersihkan Sampah Di Dua Lokasi Yang Berbeda

Kamis, 13 Juli 2023 | Juli 13, 2023 WIB Last Updated 2023-07-13T12:15:57Z

Pasaman Barat |Dalam rangka Polri Peduli Lingkungan dengan tema membersihkan sampah serentak, ratusan personel Polres Pasaman Barat termasuk personel Polsek jajaran melaksanakan aksi membersihkan sampah di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pantai Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas dan halaman Masjid Agung Baitul Ilmi Kecamatan Pasaman, Kamis (13/07/2023) pagi.

Aksi peduli lingkungan ini digelar dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, dan juga merupakan atensi dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang mengintruksikan seluruh jajaran Polda dan Polres yang ada di seluruh Indonesia.

Di Kabupaten Pasaman Barat, kegiatan aksi Polri peduli lingkungan dipimpin langsung oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki dan diikuti oleh Kabag Ops Polres Pasaman Barat, Kompol Antonius Dakhi, Para Kasat, Kapolsek Pasaman AKP Defrizal, Kapolsek Sungai Beremas AKP Efriadi, Danramil 07/Air Bangis dan Danramil 02/Simpang Empat.

Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan Camat Sungai Beremas Asrinal, Camat Pasaman Jon Hendri, perwakilan Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, perwakilan Puskesmas Sungai Beremas, perwakilan Dinas Pertanian Pasaman Barat, perwakilan Saka Bhayangkara Polres Pasaman Barat, masyarakat Pasaman Baru dan Air Bangis serta generasi muda setempat.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak yang oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan sebagai wujud kehadiran Polri dan kepedulian lingkungan sekitar dan fasilitas umum masyarakat.

Aksi pembersihan sampah yang dilakukan oleh personel Polres Pasaman Barat, TNI dan tim Gabungan menyasar disekitar lokasi bibir pantai Air Bangis dan fasilitas umum lainnya. Selain itu, pihaknya bersama tim gabungan juga membersihkan tumpukan sampah diseputaran halaman Masjid Agung Baitul Ilmi.

"Di wilayah hukum Pores Pasaman Barat, kita menggelar aksi kepedulian lingkungan didua tempat yakni, sepuratan Masjid Agung Baitul Ilmi Kecamatan Pasaman dan RTH Pantai Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas, dengan melibatkan personel Polres Pasaman Barat, TNI, Instansi Dinas terkait, Forkopimca, masyarakat dan generasi muda setempat," ucapnya.

AKBP Agung Basuki menerangkan, selain diseputaran RTH pantai Air Bangis, aksi pembersihan sampah juga menyasar ke sungai dan muara serta fasilitas umum lainnya. Sebagian sampah yang dikumpulkan merupakan bahan plastik dan sampah dari laut serta limbah rumah tangga yang sudah dibiarkan menumpuk terlalu lama.

"Dengan adanya kegiatan aksi pembersihan sampah ini tentunya akan mencegah penyebaran penyakit, menciptakan keindahan lingkungan dan memperlancar saluran air (drainase) yang ada disekitar lingkungan," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, tim gabungan juga membersihkan sampah di jalur pusat pemerintahan yang sering terjadinya penyumbatan saluran air diseputaran lingkungan Masjid Agung Baitul Ilmi dan di depan Mako Polres Pasaman Barat. Tim langsung membawa material sampah ke tempat penampungan sampah menggunakan kendaraan roda empat milik Polres Pasaman Barat.

Persoalan sampah ini merupakan tanggung jawab kita bersama, tentunya hal ini harus disikapi dengan baik agar tidak merusak lingkungan, sehingga suasana lingkungan terlihat asri.

"Dengan rasa kebersamaan dan dukungan dari semua pihak, persoalan sampah akan dapat teratasi dengan baik dan kebersihan lingkungan dapat terjaga," pungkasnya. 

(HumasResPasbar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update