Notification

×

Tag Terpopuler

Camat Rumbai, Vemi Herlizah.S.STP: Selain program prioritas, kita fokus pada pengembangan UMKM masyarakat

Jumat, 28 Oktober 2022 | Oktober 28, 2022 WIB Last Updated 2022-10-28T10:32:55Z

Pekanbaru | Pemerintah bersama seluruh stakeholder yang ada berusaha membangkitkan kembali perekonomian Nasional melalui berbagai program kebijakan. Jumat(28/10/22)

Program tersebut salah satunya adalah pengembangan dari sektor ekonomi kreatif berbasis UMKM berwawasan mandiri yang memiliki potensi sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Usaha pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM tersebut terus dikembangkan oleh Pemerintah, termasuk oleh Pemerintah Kecamatan Rumbai.

Kepada awak media Vemi Herliza.S.STP, Camat Rumbai yang memiliki berbagai prestasi dalam memimpin tersebut mengatakan, program kerja prioritas kita di wilayah Kecamatan Rumbai adalah mensukseskan dan mendukung program dari PJ.Walikota Pekanbaru Bapak Muflihun.

Selain dari pelaksanaan program prioritas tersebut, kami selaku Camat Rumbai juga berusaha mengembangkan potensi wilayah termasuk terkait pemberdayaan masyarakat, usaha masyarakat, khususnya UMKM. Pemberdayaan dan pembinaan UMKM masyarakat tersebut kita lakukan agar usaha tersebut mampu tumbuh lebih baik dan profesional. Pembinaan kita lakukan dari beberapa hal diantaranya dari segi pengelolaan baik marketing dan packing, yang tentunya pembinaan tersebut membutuhkan kerjasama dari semua pihak, sebut Camat Rumbai.

" Usaha masyarakat tersebut sangat perlu kita bina, karena jika dengan usaha mereka sendiri tidak akan bisa berbuat apa-apa selain sebatas yang bisa mereka lakukan. Untuk sekarang ini, saya mencoba untuk fokus kepada pemberdayaan usaha masyarakat di kelurahan Umban Sari. Dimana ada beberapa masyarakat pemuda yang memiliki potensi dan inovasi serta mau berusaha bekerja mengumpulkan minyak jelanta untuk diolah kembali menjadi bio solar, lilin dan sabun. Dengan kegigihan usaha mereka, sekarang mereka dapat mengumpulkan minyak jelanta sebanyak 1 ton setiap bulannya ," imbuh Vemi Herlizah,S.STP

Lanjut Vemi, melihat hal tersebut, selaku Camat Rumbai, saya memberikan apresiasi dan mencoba mencari jalan agar usaha tersebut tidak sebatas hanya mengumpulkan minyak jelanta saja, tetapi juga bisa menghasilkan produk. Kemudian kami dari Pemerintah Kecamatan Rumbai mencoba menindaklanjuti dengan berdiskusi ke pihak PT.PHR terkait pembinaan masyarakat melalui dana CSR dan alhamdulillah hal tersebut disambut positif. Selanjutnya kita juga berdiskusi dan melibatkan Universitas Lancang Kuning terkait akademisi yang kompeten untuk dapat memberi pelatihan,masukan dan saran serta mengarahkan bagaimana menghasilkan produk secara benar. Melalui keberhasilan UMKM tersebut nantinya diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat. Dan  kedepan apa yang dilakukan oleh beberapa pemuda tersebut semoga dapat menjadi suatu motivasi bagi pemuda lainnya sehingga jaringan semakin luas dan bertambah.

"Dan untuk tahun 2023, kita juga sudah memiliki perencanaan pengembangan usaha kerajinan rotan yang berada diseputaran jalan Yos Sudarso kecamatan Sri Meranti. Kami berharap kedepan di seputaran jalan Yos Sudarso menjadi objek wisata cinderamata khusus kerajinan rotan dan menjadi suatu Ikon tersendiri bagi kecamatan Rumbai khususnya dan kota Pekanbaru pada umumnya.Yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat selain PAD," terang Camat Rumbai

Camat Rumbai Vemi Herlizah,S.STP, juga tidak lupa menghimbau kepada warga masyarakat untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dikarenakan situasi alam yang tidak menentu. 

"Mari bersama kita menjaga lingkungan agar tetap bersih, aktifkan kembali Goro, dan jangan buang sampah sembarangan, dikarenakan situasi alam yang tidak menentu. Karena jika debit air tinggi lingkungan tidak bersih akan menimbulkan banjir ataupun air tergenang yang akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.Mari bersama kita jaga lingkungan dan kesehatan kita," tutup Vemi Herlizah,S.STP

Erick

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update