Notification

×

Tag Terpopuler

Jalin Sinergitas, Lanudal Kupang Latihan Bersama dengan Kantor SAR Kota Kupang

Rabu, 13 April 2022 | April 13, 2022 WIB Last Updated 2022-04-13T11:18:26Z

Sidoarjo Puspenerbal, (13/4) | Guna meningkatkan dan mempertajam kemampuan Search And Rescue (SAR) Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Kupang bersama Kantor SAR Kota Kupang melaksanakan latihan bersama di medan sesungguhnya. Kemarin Selasa (12/4/2022).

Pada latihan Search And Rescue (SAR) yang disaksikan dan dimonitor langsung oleh Komandan Lanudal Kupang Letkol Laut (E) Nasrul Azharudin C, kali ini melibatkan seluruh prajurit baik Perwira, Bintara, dan Tamtama serta anggota dari Kantor SAR Kupang. Latihan ini berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama bertempat di Kantor SAR Kupang dilanjutkan latihan di area terbuka medan yang bertebing pada hari kedua.

Dalam keterangannya Danlanudal mengatakan “Kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas dengan instansi setempat untuk menjaga profesionalisme prajurit Lanudal Kupang dalam menghadapai tantangan di medan sesungguhnya”.

Kegiatan latihan ini merupakan  simulasi kecelakaan pesawat udara saat melakukan aktivitas di wilayah udara Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur dan  mengakibatkan adanya korban. Selanjutnya dilaksanakan operasi pencarian oleh prajurit Lanudal Kupang bekerja sama dengan Kantor SAR Kupang, Setelah korban berhasil ditemukan, korban dievakuasi sementara ketempat yang aman sambil diberikan pertolongan pertama oleh tim medis kemudian dilanjutkan evakuasi darat menggunakan tandu melalui tebing untuk dibawa ke dataran tinggi selanjutnya dievakuasi melalui udara guna mendapatkan pertolongan lebih lanjut ke Rumah Sakit.

Hal ini sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update