Notification

×

Tag Terpopuler

Satukan Persepsi Pengelolaan Keuangan, Yayasan Hang Tuah Di Era Merdeka Belajar

Rabu, 09 Maret 2022 | Maret 09, 2022 WIB Last Updated 2022-03-10T05:10:43Z

 Surabaya,(09/03) | Dalam rangka optimalisasi penggunaan keuangan Satdik-Satdik di lingkungan   Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya,(08-09Maret 2022) melaksanakan Workshop dengan topik “ Implementasi Petunjuk Pengelolaan Administrasi Keuangan di Lingkungan Yayasan Hang Tuah”  yang berlangsung di Ball Room Hotel Haris Surabaya dan di SMK KAL-2 Surabaya. 

Penyelenggaraan Workshop se Cabang Yayasan Hang Tuah Surabaya diprakarsai oleh Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si diikuti oleh seluruh Bendahara dari 34 Satuan Pendidikan dari tingkat TK, SD,SMP,SMA dan SMK KAL.

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda  TNI (Pur) Amri Husaini secara Zoom membuka workshop dari kantor  Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah yang berada  di Komplek TNI AL Kelapa Gading Jakarta Utara. Beberapa  arahan dari Ketum YHT disampaikan kepada seluruh peserta yang  berada di Ball Room  Hotel Haris Surabaya antara lain,  pengalokasian dana pendidikan, pengelolaan dana baik dari pemerintah maupun dari masyarakat harus dilandasi dengan Tertib, Transparan dan Akuntabel. Dengan demikian,  dana yang diterima tersebut dapat diketahui penggunaannya.

Perspektif akuntansi mewajibkan setiap kepala sekolah untuk menyampaikan laporan keuangan sekolah kepada yayasan,  komite sekolah dan atau pemerintah ataupun stakeholder lainnya.  Laporan keuangan ini berisi tentang penerimaan dan pengeluaran keuangan sekolah. Hal tersebut akan menjamin adanya suatu auntabilitas publik, Terutama bagi pengguna jasa pendidikan.  Manajemen keuangan sekolah bertujuan untuk membantu pengelolaan keuangan dari sekolah serta menciptakan suatu mekanisme pegendalian yang sesuai guna pengambilan suatu keputusan keuangan.

Disamping itu Ketum juga menyampaikan kebijakan terkait dengan giliran penempatan personil,. Mutasi Penugasan / mutasi jabatan dalam arti masih dalam satu level jabatan, dan ada juga istilah promosi jabatan yang berarti mendapatkan kenaikan level jabatan. Dalam mutasi penugasan ini, apabila dilaksanakan dalam satu unit kerja yang sama, atau dalam satu satdik dinamakan Tour Of Duty dan kegiatan pemindahan personel dari satu tempat kerja ke tempat yang  lain yang sering disebut  alih tempat atau Tour of Area

Dalam  workshop kali  ini sebagai nara sumber dari Anggota Pembina  Bidang Umum Laksma TNI  (Pur) Rosehan Chaidir, M.A.P menyampaikan secara panjang lebar proses  pembuatan Proker dan RKAS di lingkungan satdik Yayasan Hang Tuah  . Dari materi yang di sampaikan dapat di simpulkan  bahwa Prokera dan RKAS wajib dibuat oleh Cabang atau perwakilan  dan  Satdik,  Prokera dan RKAS merupakan payung hukum  dalam melakukan kegiatan  proses belajar mengajar, merupakan rencana kegiatan dalam satu tahun anggaran yang  di buat bersama oleh tim dan harus mendapat persetujuan dari perwakilan atau cabang. 

Nara sumber lainnya datang dari Anggota Pengawas Laksma TNI (Pur) Tatang Hidayat, S.Pi., M.M menyampaikan system pengawasan di lingkungan Yayasan Hang Tuah dengan harapan semua program  pendidikan yang sudah di canangkan dapat berjalan dengan baik. Sebagai kesimpulan dari topik yang di sampaikan oleh Anggota Pengawas antara lain Prokera dan RKAS berpedoman pada visi misi satdik, Kewenangan  Anggota Pengawas, mengadakan pengawasan  mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi.

Workshop kali ini juga di sampaikan pengetahuan tentang tatacara menggunakan Tabungan Britama dan Junio serta program Briguna yang di gunakan dalam proses pinjaman bagi pegawai , hal ini disampaikan oleh Ika dan Rikky dari BRI Cabang Tanjung Perak Surabaya.  

Seluruh Rangkaian Workshop mulai dari Pembukaan, sambutan oleh Ketum, Pencerahan  dari Anggota  Pembina Bidang Umum, Anggota Pengawas di samping di ikuti oleh seluruh Bendahara Sekolah yang juga di ikuti  oleh seluruh Kasatdik/ Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah secara Zoom dari sekolah masing-masing.

Pada sesi terakhir disampaikan oleh Bendahara Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya  Hestanofia, S.E tentang Petunjuk Pengelolaan Adminisrasi Keuangan , hal ini menjadi  pedoman bagi seluruh bendahara di satdik / sekolah  dalam melaksanakan pengelolaan keuagan sekolah. Dan pada sesi terakhir di sampaikan oleh Maitavera, S.H Kaur Data dari PP YHT Jakarta. 

Sementara itu di hari ke dua  seluruh bendahara dari satuan pendidikan di lingkungan Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya melaksanakn pembuatan laporan keuangan sekolah yang di pandu oleh Bendahara Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya  dan Kaur Data dari PP YHT Jakarta sehingga laporan seluruh bendahara dari satuan pendidikan yang berada di Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya sama sesuai dengan petunjuk yang telah di tetapkan dari Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah Jakarta.

Penekanan Ketua Pengurus Yayasan  Hang Tuah Cabang Surabaya Kolonel Laut (KH) Drs . Ambar Kristiyanto, M.Si  kepada bendahara  dari satuan pendidikan  (satdik) pada penutupan yang berlangsung di SMK KAL-2 bahwa : Laporan Keuangan  harus  Tertib, Transparan dan Akuntabel dan  mengacu kepada  Merdeka Belajar yang sudah menjadi keputusan  dari Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim.

 (yht/dar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update